Selasa, 24 Januari 2012

Sapakah dokter, menurut Orang Kristen ?

Seringkali dalam kehidupan sehari-hari, kita menjumpai ada dokter-dokter yang menjalankan agama dan profesinya dengan baik, sementara itu yang lain, meskipun telah menjalankan kegiatan agamanya dengan tekun, mereka menangai pasien-pasiennya dengan cara yang kurang bertanggung jawab.

Dokter yang Kristen sering memandang pasien atau orang yang dia layani secara salah, sehingga tidak dapat mencerminkan kasih Kristus yang sudah ia nikmati kepada orang lain. Sedangkan Kristen yang dokter adalah seorang Kristen sejati yang berprofesi sebagai dokter, sehingga dalam menjalankan profesinya, ia sadar bahwa ia adalah wakil Allah yang harus mencerminkan Kristus.

Dokter Kristen atau Kristen dokter?

Mari kita lihat contoh dokter yang tidak menjalankan profesinya berdasarkan Firman Tuhan :

1. Dokter yang malakukan aborsi untuk mendapatkan uang. Dokter tersebut melakukan apa yang jahat di mata Tuhan (Pembunuhan)

2. Dokter yang menganjurkan pasiennya menggunakan alat kontrasepsi yang bertentangan dengan Firman Tuhan

3. Dokter yang menyalahgunakan jabatannya untuk menguntungkan perusahaan obat tertentu dengan meresepkan obat-obatan perusahaan tsb walaupun obat-obatan tersebut tidak memadai.

4. Dokter yang merawat inapkan pasien di Rumah Sakit meskipun bukan indikasinya.

5. Dokter yang melebih-lebihkan diagnose penyakit seorang pasien (overdiagnosis) supaya mendapatkan keuntungan dari pemeriksaan –pemeriksaan yang dilakukan.

6. Dokter yang melakukan tindakan medis hanya untuk memenuhi tuntutan RS (target RS) agar tidak dipecat.

7. Dokter yang tidak memberi penjelasan yang benar kepada pasien tentang tentang perjalanan penyakit dan resiko tindakan medis yang akan dikerjakan.

Sumber :

Are you a Christian doctor

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag