Sabtu, 20 Agustus 2011

BURRSWOOD

Rumah Sakit Kristen dan Tempat Penyembuhan

"We never imposed our Christian faith but believe in living out gospel values at the bedside"

Masih ada satu RS Kristen di Inggris yang masih hidup dan berjalan dengan baik, yaitu Burrswood. RS yang terletak di kota Kent ini merupakan salah satu sumberdaya internasional bagi gereja Kristen yang mendemonstrasikan suatu pelayanan praktis yang disebut Tuhan Yesus: “menyembuhkan”, dengan gabungan pengobatan medis orthodox dan perawatan bersama-sama dengan pelayanan Kristen dan suatu pengharapan Tuhan Yesus menyembuhkan pada masa kini.

Burrswood adalah suatu tempat penyembuhan. Kami percaya kami menawarkan mutu dan keunggulan dalam berbagai bidang ilmu kesehatan/medis, di mana orang-orang yang terluka dan patah hati menemukan kasih Kristus dalam tindakan. Sebagai staf dan relawan, kami berharap Burrswood menjadi suatu pelayanan profetik dari panggilan Kristus untuk menyembuhkan, yang melihat kepada orang-orang, relasi, dan dampak dari keaskitan dari pada berfokus hanya kepada proses penyakit dan polifarmasi. Hal ini merupakan suatu pekerjaan Tuhan yang lahir dari ketaatan kepada panggilan Tuhan.

Visi

Panggilan itu diberikan kepada Dorothy Kerin hampir 100 tahun yang lalu. Dia menggambarkan dalam bukunya The Living Touch (Sentuhan Hidup) bagaimana selama masa-masa penyembuhan dirinya ketika dia mengalami koma dan dengan keluarganya yang berkumpul di sekeliling tempat tidurnya, dia menerima visi dari Tuhan. Dalam visi ini dia dibawa kembali ke kehidupan “untuk menyembuhkan yang sakit, menghibur yang berduka, dan menguatkan mereka yang imannya lemah”. Konsep-konsep ini yang menjadi pusat pengembangan visi Burrswood sejak didirikan pada tahun 1948.

Beberapa tahun telah berlalu Burrswood memperoleh registrasi RS dan karena itu berarti mendapat surat izin dari Care Quality Commission. Dalam dekade terakhir telah mengeluarkan lebih dari 5 juta pondsterling untuk perbaikan dan sekarang mempunyai 40 tempat tidur, outpatients wing yang sibuk, sebuah gereja, dan guest house. Fokus RS adalah pada pengobatan dan perawatan dari keseluruhan pribadi pasien dan Tim telah mengembangkan bidang-bidang keahlian tertentu, yang kesemuanya dilakukan dengan doa.


Bidang Keahlian

- Dukungan Tim medis 24 jam/7 hari untuk pemulihan pasca operasi.

- Rehabilitasi intensif dengan pengobatan seperti hidroterapi untuk memaksimalkan pemulihan.

- Kompleks perawatan yang dimana pasien menerima rencana pengobatan individual untuk membantu mereka hidup lebih penuh dibanding kesulitan mereka.

- CFS/ME: Tim telah melihat banyak kehidupan yang diubahkan melalui program-program pengobatan dan perawatan yang diindividualkan.

- Penyakit akut tertentu di mana pendeklatan pribad terpadu ditawarkan dengan terapi-terapi intravena, transfuse, dan intervensi diperlukan.

- Konseling ditawarkab untuk masalah-masalah psikologis dan emosional yang bisa dipertanggungjawabkan untuk jangka waktu pendek dalam suatu lingkungan yang mendukung; kami juga menawarkan pengobatan seminggu yang secara spesifik dirancang untuk membantu mengelola stress dan kegelisahan.

- Perawatan paliatif dan akhir hidup dengan control gejala dan penyembuhan spiritual, dengan sebuah tempat tidur yang bisa dipergnakan sepanjang waktu yang dibutuhkan.

Apakah Sebuah Tempat Seperti Burrswood Masih Dibutuhkan?

Mengapa kita membutuhkan sebuah tempat seperti Burrswood di abad ke-21 ini? Saya percaya bahwa apa yang harus ditawarkan Burrswood tidaklah pernah lebih relevan atau lebih dibutuhkan. Acute healthcare saat ini dilihat dalam hal spesialis, superspesialis, dan prosedur lebih dari pada berpusat pada individual dan totalitas kebutuhan mereka; suatu kebutuhan yang sering bersumber dari rasa kesakitan dan terisolasi. Sebagi dokter kita mempunyai waktu sedikit saja untuk berpikir di luar kotak kita. Scan, biokimia, dan sarana pengujian yang baik membuat seakan-akan sepertinya kebutuhan kita untuk menndengarkan pasien dengan sungguh-sungguh itu dianggap kurang perlu.

Di Burrswood adalah suatu kemewahan ketika kami bisa berada bersama seorang pasien selama lebih dari 90 menit. Oleh karena itu kami sering mendapati bahwa kisah para pasien kebanyakan tidak didengarkan secara mendalam. Masuk ke dalam bahasa dan emosi bisa sangat membantu dan membawa kepada penyebab yang sebenarnya dari malaise dan disfungsi menjadi jelas. Setidaknya kami mulai melihat adanya ‘pribadi’ di dalam seorang pasien.

Jatuh dalam Kesenjangan

Sementara saya sepenuhnya percaya akan bantuan NHS, Burrswood memang harus ada di sana utnuk membawa pengharapan bagi semakin banyak orang-orang yang mengalami kesenjangan dalam ketentuan-ketentuan di bidang kesehatan.

Kami memiliki belas kasihan terutama bagi mereka yang kehilangan harapan, arti, dan tujuan; bagi mereka yang telah diambil hidupnya oleh penyakitnya dan terkadang menjadi identitas mereka. Orang-orang seperti itu dating ke Burrswood dan berharap menemukan kasih di dalam perawatan yang berpusat kepada mereka, menerima mereka apa adanya dan percaya mereka sebagai sosok individual.

Kami bermaksud menawarkan keunggulan dalam keseluruhan penyembuhan pribadi. Terkadang dibuat satu diagnosis yang telah dilepaskan oleh orang lain. Terkadang pemulihan yang lebih penuh tercapai. Terkadang iman ditemukan atau diperbaharui.

Kami komit berpusatkan pada ‘pribadi’, suatu kualitas perawatan yang tidak kuatir untuk bekerja dalam area-area kehidupan yang sulit jika memang hal itu dibutuhkan. Hal ini karena tidak seorang pun dari kita yang akan hidup selamanya, terkadang juga itu berarti seakan kita membantu orang-orang sakit ini ‘mempersiapkan koper mereka’ dengan hal-hal yang paling berarti bagi mereka sejalan dengan semakin mendekatnya kematian.

Mengenal Burrswood Lebih Baik

Burrswood membutuhkan sekitar 4 juta pounds setahun. Bila kita ingin membantu, bisa melihat ke website: www.burrswood.org.uk dan bacalah tentang program penelitian CFS dan lain-lain di sana. Kami ingin membangun koneksi dengan orang-orang yang bersedia membantu kami. Di atas segalanya kami membutuhkan dukungan doa. Kami bermimpi bahwa suatu waktu kami boleh menawarkan pengobatan dan perawatan bagi mereka yang tidak mampu. Tolong doakan kiranya mimpi kami ini boleh menjadi kenyataan.

PS

Seorang pasien kami berusia 40 tahun menulis surat mengenai apa yang ditemukannya di Burrswood setelah dia memperoleh bantuan dana untuk biaya pengobatannya:

” Jika bukan karena Burrswood mungkin saya tidak bisa bertahan. Pernyataan ini mungkin kedengarannya dramatis, tetapi saya sangat tahu sekali dalam hal kasus saya itu tidaklah berlebihan. Saya tidak bisa membayangkan ada tempat lain yang memnyediakan satu orang pribadi di dalam keseluruhan dirinya dengan suatu bentuk perawatan total. Saya adalah statemen yang hidup mengenai fakta bahwa pekerjaan Tuhan yang dilakukan di Burrswood tidak akan berkurang atau hilang setelah kau meninggalkan tempat itu, melainkanhal itu akan terus melekat di dalam jiwamu dan menjadi bagian dari penyembuhan dirimu yang baru. Burrswood akan selalu “di dalamku” dan saya akan selalu mampu melihat bahwa penyembuhan yang sudah terjadi pada saya itu semua karena saya pernah menghabiskan waktu saya dirawat di sana”


Dr. Garret Tuckwell - Medical Director of Burrswood 1986-1999; CEO 2007

Sumber: TRIPLE HELIX-The Journal of Christian Medical Fellowship(CMF)-UK/No.50 Easter 2011,p 14-15

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag