Sabtu, 05 November 2011

GRASPING HEAVENS (5b)

5. Panggilan Melayani ke Cina

Di Denver Tami berhubungan dengan gereja-gereja, teman, dan partner doanya guna membangun suatu kelompok pendukung yang solid. Penting baginya untuk mengabarkan tentang dirinya sebagai pertanggung jawabannya kepada para pendukungnya, karena itu dia mulai menulis surat yang diberinya judul: ”Accountability Letters”.

“Bagaimana kabarmu, Tami…?” Ellen menelponnya

“Well, kabar baiknya adalah…aku hampir bisa membayar semua hutang pinjamanku…”

“Apakah kamu sudah menemukan organisasi yang cocok untuk pergi ke Cina? Teman baiknya dari Rochester mengikuti kisah perjalanan Tami ini lebih dekat sebagaimana yang biasa dilakukan oleh seorang sahabat.

“Belum…aku sudah melamar ke berbagai organisasi tapi sejauh ini aku belum mendapatkan kabar apa-apa dari mereka. Semua ini sangat membebani aku. Memilih organisasi yang benar itu krusial, aku berdoa berbulan-bulan untuk ini bahkan berpuasa. Kiranya Tuhan memimpinku ke organisasi yang dikehendaki-Nya untuk aku menjadi utusan-Nya…”

“Aku percaya pasti Tuhan akan melakukan itu” kata temannya memberi semangat.

Tak lama setelah percakapan ini seorang dari keluarga Fisk, Dan dari Denver, menyampaikan surat kepada Tami. Itu adalah sebuah bulletin MSI yang pertama. Surat itu diakhiri dengan kata-kata: “Doa adalah fondasi vital bagi semua pelayanan MSI di propinsi Cina daratan yang miskin. MSI mencari tenaga yang cakap dan kompeten yang berpendidikan kedokteran baik jangka pendek maupun jangka panjang, mengajar bahasa Inggris, dan akuntansi untuk bisa bekerja sama di ladang pelayanan…”

Tami merasa tergugah. “MSI itu apa…?” tanyanya

“MSI adalah Medical Service International …didirikan tahun 1993” jawab Dan.

“Tahun 1993? Mengapa… itu tahun saat aku ke Cina pertama kali…”pikir Tami dalam hatinya.

“Coba lihat ini, ini adalah tujuan mula-mula dari para pendiri MSI pada tahun 1993 ditulis oleh Dr James H. Taylor, Richard Chen, dan Dr. Reginald Tsang…” Dan menunjuk pada dokumen MSI.

Tami membaca dokumen tersebut dengan cermat: “Selama dekade terakhir, di bawah kebijakan modernisasi empat, Cina menyambut ‘para tenaga ahli asing’ dari luar negeri untuk datang dan berbagi keterbukaan dan perkembangannya. Salah satu area pengembangan yang kritikal adalah dalam bidang medis, terutama di propinsi-propinsi Cina daratan, daerah pedesaan, dan di tengah penduduk minoritas. Kami percaya MSI bisa menjadi saluran di dalam mana tenaga medis Kristen dari AS, Inggris, Kanada, Singapura, Malaysia, Taiwan, dll bisa melayani kebutuhan medis, fisik, dan spiritual di wilayah-wilayah ini…”

Tami merasakan jantungnya berdebar. Kata-kata ini menggemakan visinya! Propinsi-propinsi daratan, pedesaan, suku-suku minoritas, tenaga medis terampil….

“Tapi..jika organisasi ini baru didirikan pada tahun 1993, berarti belum cukup pengalaman dan masih kurang jejaringnya…” tolak Tami.

“Well…kamu benar, MSI memang masih baru…tapi bisa juga tua” kata Dan sambil tersenyum misterius. “Ceritanya panjang…kamu punya waktu?”

“Saya ingin tahu ceritanya sepenuhnya…itu sangat penting bagiku..” Tami berusaha menahan kegembiraannya.

“Well, harus saya akui kalau saya tidak tahu ceritanya sepenuhnya…tapi saya sarankan kamu berbicara dengan Dr James Hudson Taylor mengenai MSI, ia jauh lebih tahu…”

“Dr James Hudson Taylor?” Tami memotong ucapan Dan…matanya melebar “Apakah dia punya hubungan dengan Hudson Taylor pendiri China Inland Mission?”

“Betul…dia adalah cicit dari Hudson Taylor” Sekali lagi Dan tersenyum, sambil melanjutkan: “Ini yang saya tahu: batu pertama MSI jika kamu melihatnya sebenarnya sudah diatur pada tahun 1940-an saat para pemimpin China Inland Mission (CIM) menyelidiki kemungkinan-kemungkinan untuk melayani di tengah suku Yi. Suku YI adalah suku minoritas di Sichuan dan hidup dalam sebuah area di Great Cold Mountains yang terletak sekitar 14 ribu kaki dari permukaan laut dan merupakan suatu wilayah yang paling tidak berkembang di Cina…”

"Pegunungan..?" Telinga Tami semakin tajam mengikuti cerita.

“Saya telah diberitahu bahwa wilayah pegunungan terlarang seperti itu membuat wilayah barat dan utara menahan segala upaya orang-orang asing untuk memasukinya. Seorang dokter, Dr.A.J Broomhall dengan CIM suatu waktu di tahun 1930-an tiba di Cina. Keadaan suku Yi yang buruk sangat menyentuh dan menggerakkan hatinya, dia berusaha segala cara yang mungkin untuk bisa ke pegunungan itu dan mendirikan sebuah RS di tengah suku Yi. Akhirnya dia berhasil mendapatkan izin dan tinggal di sana dari tahun 1948 s/d 1951. Kliniknya menarik orang sakit dari semua desa-desa di wilayah ini. Dia sangat terkenal. Dia membawa keluarganya ke sana bersama dua orang perawat yang masih lajang. Kalau tidak salah anak perempuannya yang bungsu lahir di sana. Tapi kejadian menyedihkan menghentikan pelayanannya di tahun 1951 ketika setiap orang asing harus meninggalkan Negara itu. Dia sangat sedih dan orang Yi berduka ketika dia dan keluarganya serta dua perawat harus pergi. Mereka memintanya berjanji untuk kembali dan dia berjanji untuk kembali…” Dan berhenti sejenak.

“Apakah dia kembali…” tanya Tami sangat ingin tahu

“Ya, dia kembali sekitar tahun 1980-an. Selama hidupnya dia menantikan saat dia kembali ini…dia sudah begitu tua saat mendapatkan izin untuk mengunjungi RS-nya sekali lagi…apa yang selanjutnya terjadi selama kunjungannya itu saya tidak tahu, sebaiknya kamu tanya Dr. Taylor…yang saya tahu kemudian kunjungannya itulah yang telah menjadi cikal bakal berdirinya MSI”

“Wow..itu luar biasa!” seru Tami, kemudian dia terdiam sejenak menyerap semua informasi ini, kemudian bertanya: “apakah Dr. Broomhall masih hidup? Bolehkah saya mengunjunginya?”

“Tidak…dia sudah meninggal. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak lagi sebaiknya kamu menghubungi Dr.Taylor.”

“Pasti…saya akan menghubunginya” kata Tami dengan penuh keyakinan

“Dr.Taylor tinggal di Hong Kong, ini alamatnya…”

Malam itu juga Tami menulis sebuah surat kepada Dr.Taylor dan menjelaskan bahwa dia tertarik bekerja di propinsi Cina daratan sebagai dokter.


===========bersambung: Grasping Heaven (6a)


Sumber: Diterjemahkan dari

Annelies & Einar Wilder-Smith, “GRASPING HAEVEN- Tami L. Fisk, A Young Doctor’s Journey to China and Beyond”, Genesis Books, 2010.

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag