Kamis, 09 Agustus 2012


                                            Kamp Medis Nasional Alumni -  IX 2012

 Quo Vadis, Doctor? : Find and To Commit Your Calling


 Menggumuli panggilan hidup dan menjadi bermakna, inilah yang menjadi tema sentral dalam Kamp Medis Nasional Alumni yang tahun ini sudah memasuki edisi ke-9. Selama kurang lebih 4 hari yakni 5-8 Juli 2012, sekitar 180 dokter, dokter gigi dan perawat Kristen diajak untuk merenungkan kembali apa kehendak Tuhan di dalam kehidupan profesional  mereka saat ini, mengadakan dialog secara mendalam kepada Tuhan dan berbagi dengan saudara seiman tentang panggilan Tuhan secara khusus dalam kehidupan profesi yang dijalani saat ini. Untuk sebagian peserta, melalui kamp ini ditantang untuk mengadakan evaluasi kembali apakah dalam menjalankan profesi sampai saat ini sesuai dengan komitmen yang telah dibuat sebelumnya.
Bagi alumni yang pernah mengikuti kamp medis nasional alumni sebelumnya, tentunya merasakan ada atmosfir yang berbeda dalam pelaksaaan kamp kali ini. Setelah pada kamp medis alumni sebelumnya, pelaksanaan selalu dilakukan bersamaan dengan kamp medis nasional untuk mahasiswa maka kamp kali ini, waktu penyelenggaran dan kepanitiaan terpisah dengan kamp medis mahasiswa. Materi-materi yang ada juga sangat spesifik untuk kehidupan alumni dengan sebagaian besar kesempatan diberikan untuk bisa saling berbagi visi dan inspirasi yang telah dikerjakan dalam kehidupan masing-masing alumni. Eksposisi Alkitab dalam kamp kali ini dibawakan oleh Rev. Robert Solomon, MD dari Trinity Theological College Singapura berbicara tuntas tentang  Musa.  Dr. Solomon banyak berbicara tentang bagaimana Musa dipersiapkan oleh Allah, kemudian dipanggil dan akhirnya digunakan secara luar biasa oleh Allah.
Nuansa yang lain saat ini adalah adanya session khusus alumni keperawatan dimana ada 3 pembicara yang mumpuni Joan E. Edwards, RNC, CNS, PhD(c), Associate Clinical Professor Woman’s University College of Nursing – Houston Texas, Dawn M. Capaque, RN, BsC, MA yang melayani di ICVF Filipina dan Dr.Fransiska M.S. Sumartiningsih, SKp, MPd - Dekan Fakultas Keperawatan & Ilmu Kesehatan UPH Tangerang. Ketiga pembicara ini banyak berbicara tentang bagaimana seharusnya menjadi perawat Kristen dan pentingnya bagi sesama perawat Kristen untuk bisa berkumpul dalam suatu komunitas untuk bisa saling berbagi dan mendukung satu sama lain. Hal yang paling menggembirakan adalah melalui session ini lahir interest group keperawatan yang ke depannya akan bertemu kembali untuk menggarap secara khusus pelayanan bagi perawat lewat wadah persekutuan.
Namun kelahiran interest group dalam kamp medis nasional alumni ini bukan hanya terjadi bagi alumni keperawatan. Kita bisa bersyukur bahwa dalam kamp kali ini ada beberapa interest group yang juga terbentuk antara lain : rumah sakit misi , herbal,dll . Di samping itu terdapat pertemuan untuk penguatan kembali bagi beberapa interest group yang sebelumnya telah ada yaitu pendidikan dan urban mission.  Rasa syukur kita juga tidak berhenti sampai di situ karena terdapat komitmen dari beberapa peserta yang berasal dari daerah yang sama untuk memikirkan pelayanan alumni yang dapat diterapkan di masing-masing kota, misalnya Manado, Bandung dan Jogjakarta.
Kehadiran interest group dan kelompok sedaerah ini tak lain dari kerinduan untuk mengimplementasikan beberapa diskusi yang secara intens dibawakan oleh beberapa pembicara yang berkualitas antara lain : Prof. George Matthews, MD yang adalah seorang ahli bedah dan mantan dekan dari Christian Medical College di  Vellore, India dan Prof. Taralan Tambunan, SpA(K) serta beberapa pembicara lainnya yang membagikan betapa pentingnya untuk memiliki kehidupan yang berdampak bagi sekitarnya.
Kamp ini merupakan  kamp pertama dari tiga kamp sekuensial yang akan diadakan setiap dua tahun yang memberi fokus kepada pengembangan jejaring dan mendorong para alumni untuk melakukan yang terbaik dalam area tertentu dalam pelayanan medis. Dengan demikian, menjadi doa kita bersama momentum kamp ini dapat menjadi suatu langkah awal dari kegerakan alumni medis Kristen untuk bahu membahu  dan menjalin langkah dengan pihak lain untuk bersama –sama membangun dunia kesehatan di Indonesia yang mencerminkan kasih. Amin!
Oleh : dr. Eka Yudha Lantang ( Ketua Panitia KMdNA  IX ,2012 )

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag