Rabu, 27 November 2013

Ahli Bedah Agung-1

Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan-Ulangan 32 : 39


Salah satu dari banyak nama panggilan yang tepat kita berikan pada Tuhan kita adalah Dokter Agung. Bukan saja Dia adalah Dokter Agung tetapi Dia juga Dokter Teladan. Kita dapat langsung mengikuti teladan-Nya dalam hal belas kasih., kasih, sabar dan pengertian. Namun, bagaimana kita meneladani-Nya dalam dunia kedokteran? Saya pikir jarang dari kita yang menganggap Dia sebagai ahli patologi atau ahli THT atau ahli radiologi. Lebih cocok kalau kita menganggap Dia sebagai pembuat diagnose, ahli jiwa atau dokter keluarga.

Baru-baru ini waktu saya memikirkan pandangan saya tentang Kristus dalam hubungan dengan pertanyaan tadi, sebagai seorang ahli bedah. Kitab Ulangan jelas menunjukkan hal ini : "Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan." Bagi saya, ini memberikan ide bahwa Allah mengambil posisi yang aktif di dalam proses penyembuhan. Luka batin akibat pembedahan sangat sakit tetapi ini membawa kepada penyembuhan. Sasaran Allah dalam hidup orang percaya adalah untuk membuat tiap-tiap orang menyerupai gambar Kristus.

Tahukah kita bahwa sebagian dari proses ini mungkin memerlukan pembedahan? Baiklah saya perlihatkan beberapa hal ketika Sang Ahli Bedah Agung kita bekerja. Pertama, perhatikanlah peembedahan & pengeluaran nanah dari sebuah bisul bernanah. Kita tahu alasan prosedur tersebut adalah bahwa mengeluarkan nanah yang busuk & sel-sel yang mati dari tubuh, meluputkan seluruh organ tubuh dari infeksi & racun. Betapa sering kita membutuhkan Ahli Bedah Agung untuk membuka bisul-bisul kesombongan, kebencian atau kecemburuan, supaya kita bebas dari infeksi & racunnya. Pembedahan macam ini seringkali menyakitkan & proses penyembuhannya lama, tetapi perlahan2 luka akan sembuh & kesehatan membaik. "Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan."

Doa : 

Allah yg penuh belas kasihan, 
ketika kami merasakan tajamnya pisau bedah-Mu dalam hidup kami, dengan menyadari bahwa ini adalah demi kebaikan kami sendiri, ingatkan kami bahwa Engkaulah yang meremukkan, Engkau juga yang menyembuhkan. Amin.




Dikutip dari :
Diagnose Firman
Sarana Vitalitas Rohani Para Dokter & Tenaga Medis

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag