Senin, 22 Juni 2015

Memberi Semangat Satu Sama Lain


Barnabas...menasihati mereka, supaya mereka semua dengan kesungguhan hati setia kepada Tuhan ... Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman ... - Kisah Para Rasul 11:23-24

Kesaksian Barnabas mengingatkan kita bahwa memberi semangat adalah berkat yang jauh lebih besar dari kritikan sebanyak apa pun. Mulanya Barnabas berteman dengan Saulus (yang kemudian menjadi Rasul Paulus), sementara orang lain berfoukus kepada reputasi Saulus sebagai pembunuh (Kis 9:26-27). Kemudia ia mengajak Paulus menjadi rekan sekerjanya dalam mengajar gereja muda di Antikhia. Di sinilah orang percaya mula-mula disebut Kristen (Kis 11:25-26). Namun, setelah pertemanan yang begitu dalam, dia dan Paulus berpisah.

Sepupu Barnabas yang masih muda, Yohanes Markus, telah meninggalkan pekerjaannya sebagai pembantu Paulus dan Barnabas (Kis 13:5,13) tapi kemudian Barnabas ingin memberi dia kesempatan lain. Hal ini bertentangan dengan penilaian Paulus dan, pasti dengan perasaan sakit, kerja sama yang sudah lama itu putus (Kis 15:37-40). Alkitab jarang menyebut nama Barnabas lagi. Dari seorang "pelari di depan", ia tergeser ke belakang.

Tentu tidak mudah bagi seorang pemimpin, yang sebelumnya aktif, untuk mengundurkan diri dan menyerahkan dirinya untuk menjaga dan mengatur seorang muda. Tapi pasti karena dorongan ini, Paulus di kemudian hari meminta Yohanes Markus untuk menemaninya (2 Tim 4:11). Ia bertindak seperti seorang anak bagi Petrus (1 Ptr 5:13). Ini adalah pelajaran lain tentang campur tangan Tuhan dalam hubungan kita dengan orang lain. Seperti reputasinya, Barnabas menerima hikmat Roh Kudus dan terus memberi semangat, bahkan dari tempat yang jauh.

Jadi, apa akibatnya?Kita mempunyai Injil Markus!Injil kedua yang isinya dipercaya berdasarkan penuturan Petrus kepada Yohanes Markus. Jadi, dengan dorongan semangat secara "persaudaraan" dan penyerahan orang terdekat dan terkasih kepada hikmat Allah, tanpa disadari Barnabas terlibat dalam sebuah pelayanan yang terus berjalan. Teladannya memberikan semangat kepada kita untuk menjadi orang-orang masa kini yang memberikan semangat kepada orang lain.

Dikutip dari :
Sumber Hidup Praktisi Medis

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag