Selasa, 06 Oktober 2015

Akhir yang Indah

...kematianku sudah dekat - II Timotius 4:6

Beberapa waktu yang lalu saya berdiri di sisi kuburan seorang laki-laki berumur 87 tahun. Ia seorang yang rendah hati, saleh dan mempunyai nama baik dalam pekerjaannya, di rumah maupun di gereja. Ia meninggal akibat kanker prostat dengan penyebaran ke tulang. Beberapa hari sebelum ia meninggal, ia berkata kepada seorang perawat Kristen di Klinik Rumah Jompo itu :"Saya sudah berada di putaran terakhir di pos penghabisan dan itu adalah pos kemenangan!"

Saya tidak tahu apakah rasul Paulus sering mengunjungi pertandingan atletik yang adalah bagian dari kehidupan orang-orang Yunani. Akan tetapi, oleh karena ia hidup dalam suatu masyarakat dimana pertandingan merupakan bagian kebudayaan, maka wajarlah jika ia menggunakan ilustrasi yang terambil dari dunia atletik. Paulus sedang menghadapi kematian : bukan kematian akibat penyakit, tetapi kematian akibat penganiayaan. Ia menggunakan beberapa ilustrasi dalam II Timotius 4:6-8. Yang pertama mengenai persembahan darah yang sudah dicurahkan di atas altar, kedua mengenai perahu di dermaga yang segera akan berlayar. Kemudian diikuti dengan 2 buah perumpamaan yang terambil dari istilah dunia atletik : "Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir..." Gambar pertama diambil dari pertandingan seorang pegulat, yang kedua dari seorang pelari. Kalimat berikutnya memberikan arti dari kedua ungkapan tersebut di atas : "Aku telah memelihara iman". Paulus merindukan saat dimana Tuhan, Hakim yang Adil, akan mengaruniakannya sebuah mahkota, tidak hanya kepada dia tetapi kepada semua orang yang mengasihi Dia.

Sementara kita berlari dalam arena kehidupan, melawan peperangan kehidupan, sebaiknya setiap saat kita merenungkan bagaimana semua itu akan berakhir. Banyak hal dalam kehidupan seorang dokter yang dapat mengalihkan perhatiannya dari tujuan yang akan dicapai, dan banyak yang menemui kegagalan di tengah jalan. Hendaklah kita selalu waspada!

Tuhan, tolong saya supaya waktu akhir hidup saya tiba, saya dapat menghadapi kematian dengan ketenangan dan keyakinan bahwa saya telah mengakhiri pertandingan dengan baik, mencapai garis akhir dan memelihara iman di dalam kekuatan-Mu.

Bacaan selanjutnya : II Timotius 4:1-8

Dikutip dari Diagnose Firman

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag