Selasa, 06 Oktober 2015

Beristirahatlah

"Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat." - Keluaran 20
"Lalu Ia berkata kepada mereka : 'Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!' Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi." - Markus 6:31-32

Hari Minggu merupakan suatu persoalan di rumah sakit. Yesus tidak terikat hukum tentang hari Sabat, tetapi kita juga diberi tahu akan kebiasaan-Nya untuk mengunjungi kebaktian di Sinagoge. Dia menekankan kebutuhan akan istirahat, dan mengubah apa yang dijelaskan dalam perintah yang keempat itu. Sekalipun tugas kita sebagai petugas kesehatan mengikat kita dengan rumah sakit pada hari Minggu, kita harus merencanakan untuk menyisihkan sebagian dari waktu itu untuk menyembah Allah. Mendengarkan radio atau menonton kebaikan lewat TV, sering kali masih mungkin, atau menyisihkan waktu hanya sejam untuk saat teduh, doa atau pemahaman Alkitab. Memang harus diusahakan dengan sungguh-sungguh, tetapi akan terbukti sangat berguna.

Pengajaran Alkitab tentang hari istirahat sungguh amat penting, tetapi sering diabaikan. Sebagai hasilnya, banyak orang Kristen yang terlalu sibuk, menderita persoalan jasmani, mental dan rohani. Kadang-kadang hari Sabat harus terjadi pada hari kerja biasa. Dan itu adalah hari untuk berekreasi, untuk latihan jasmani yang teratur, penyegaran mental bertemu dengan teman-teman (sebaiknya yang bukan dari kalangan kedokteran juga), untuk kegiatan kekeluargaan dan untuk persekutuan Kristen. Yang terpenting kita dapat mendengar Yesus berkata :'Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita bisa sendirian, beristirahatlah seketika.'

Beberapa tahun yang lalu saya mendengar pendeta Sidlow Baxter berkata, 'Pada abad kedua puluh, dengan segala tekanan yang menimpa kita, saya ragu bahwa kita bisa menjaga kehidupan kekristenan kita kalau kita menyisihkan waktu kurang dari sejam untuk bersekutu dengan Tuhan tiap harinya. Mungkin kita berkata, 'Itu tidak mungkin dalam pekerjaan saya.' Padahal boleh jadi, tidak sesulit seperti yang sering kita bayangkan.

Oh Tuhan, hari-hari-Mu jauh lebih sibuk dari pada saya, lebih banyak orang yang datang pada-Mu untuk meminta pertolongan dan penyembuhan. Lebih banyak kebutuhan, tangisan yang memelas, panggilan-panggilan di dalam waktu-Mu. Tetapi, masih juga Engkau sering menyendiri dalam kehadiran Bapa-Mu, mencari kehendak-Nya, penyegaran-Nya dan pembaharuan-Nya. Tolong saya untuk mengerjakan hal yang sama.

Bacaan selanjutnya : Mazmur 84

Dikutip dari Diagnose Firman

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag