Rabu, 20 Januari 2016

Budak, Namun Melayani Kristus

Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan. Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu bahwa dari Tuhan-lah kamu akan menerima warisanyang menjadi upahmu. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya. (Kolose 3:22-24)

Hidup dapat dengan mudah nampak seperti perbudakan ketika "tuan-tuan duniawi" menerapkan tuntutan-tuntutan yang tidak wajar dan semakin menekan. Namun, di atas semuana itu kita melayani Tuan Surgawi kita karena "Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya". Sebagai pengikut Tuhan Yesus, kita akan "melaksanakannya dengan segenap hati kita" dalam bangsal-bangsal rumah sakit. Lebih daripada itu, kita akan berjuang untuk mengasihi dan melayani pasien, dan hal itu membutuhkan waktu.

Ingat, Tuhan Yesus pernah dicobai seperti kita dan Dia harus mengambil keputusan-keputusan berat mengenai pemakaian waktu, apa yang tidak akan dilakukan daripada memilih apa yang akan dilakukan. Berkata "tidak" mungkin lebih sulit daripada selalu berkata "ya", namun justru lebih menolong. Dalam hidup, hal yang harus dilakukan selalu lebih banyak dari kemampuan kita. Namun karena "Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya", keseluruhan hidup berada di bawah satu Tuhan.

Ia ingin agar kita melayani tuan-tuan duniawi dengan baik, namun dikatakan lebih lanjut, "Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jaga dengan mengucap syukur" (Kol 4:2). Inilah sikap yang harus mendasari semuanya itu. Saat kita tahu bahwa setiap bagian hidup kita adalah satu dalam pelayanan kepada Kristus maka kita bahkan dapat tersenyum menghadapi tekanan-tekanan yang berlebihan dari tiap sisi. Kita tahu bahwa Kristus mengerti karena Dia juga hidup dengan 24 jam sehari dan harus mengambil keputusan-keputusan berat yang mungkin tidak selalu dimengerti orang lainnya.

Baca : Lukas 4:40-44; Kolose 3:18-4:6


Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag