Senin, 21 Maret 2016

Cara Dokter dan Perawat Tetap Sehat Meski di Sarang Penyakit

Bekerja di klinik atau rumah sakit seharusnya membuat dokter maupun perawat atau siapa saja yang bekerja di dalamnya, berisiko tinggi tertular penyakit. Tapi nyatanya, dokter dan perawat tidak mudah tertular penyakit. Sebagai petugas kesehatan tentunya mereka tahu apa saja yang harus dilakukan untuk terhindar dari penyakit yang bisa jadi bersarang di sekitar mereka, seperti flu sekalipun. Setidaknya, ada 9 cara yang sering mereka lakukan agar tetap sehat tanpa tertular.

Dilansir dari Medical Daily, berikut beberapa tips dari dokter dan perawat untuk meningkatkan sistem imun sehingga terhindar dari penyakit menular : 

1. Kurangi minuman beralkohol
Berdasarkan studi dari National Institute of Alcohol Abuse and Alcoholism, kelebihan alkohol akan menekan sistem imun dengan cara mengurangi kemampuan sel darah putih melawan bakteri secara efektif. Alkohol juga membuat dehidrasi dan bisa mengganggu tidur. Ini juga dapat mengurangi pertahanan tubuh dua kali lipat.

2. Menghindari gula
Sama seperti alkohol, gula juga dapat menghambat sel darah putih menenggelamkan bakteri dan virus. Menurut penulis Healthcare Made East, Michelle Katz, batasan perempuan mengkonsusmi gula adalah 6 sendok teh per hari atau kurang dari itu. Sementara untuk laki-laki batasannya 9 sendok teh per hari.


3. Vaksin
Adanya mutasi virus menyebabkan vaksin yang telah ada menjadi tidak efektif. Tapi bukan berarti anda boleh melewatkannya. Namun, vaksin merupakan salah satu cara untuk menghindari diri dari virus flu dan penyakit lainnya.


4. Cuci apapun yang anda sentuh
Anda bisa menggunakan sabun dan air atau alkohol untuk desinfektan untuk megelap barang-barang yang anda gunakan sehari-hari. Lakukan lebih sering ketika musim flu datang untuk menghentikan penyebaran kuman. Anda juga dapat membersihan mesin cuci.


5. Konsumsi prebiotik
Seanyak 60% - 70% sistem kekebalan tubuh ada di usus. Ahli nutrisi Alexander Rinehart mengatakan usus merupakan pembatas dunia luar dengan dunia yang ada di dalam tubuh anda. Pembatas ini dilindungi oleh bakteri yang baik yang mencegah infeksi dan bakteri patogen diserap tubuh. Sementara itu studi yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa prebiotik dapat menjadi pelindung sistem imun di dalam usus. Prebiotik juga berfungsi mencegah penyakit pernapasan seperti flu.


6. Jangan gigit jari
Kendati anda sudah mencuci tangan, jari-jari anda kemungkinan masih mengandung kuman. Kuman-kuman itu tumbuh di bawah kuku anda. Dan menggigit kuku merupakan cara yang ampuh buat bakteri masuk ke tubuh.


7. Berolahraga, tapi jangan terlalu keras.
Berdasarkan penelitian dari Appalachian State University, melakukan aktivitas yang terlalu berat meningkatkan resiko para atlet terkena infeksi saluran pernapasan karena ada perubahan negatif  dari sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi hormon stres seperti epinepherin dan kotisol. Sementara itu aktivitas as atau olahraga yang cukup justru meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


8. Tahan napas
Kebanyakan kuman masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut. Jadi ketika berada di sekitar orang yang sakit atau di sekitar orang yang bersin hindari menghirup napas dalam-dalam. Anda bisa menahan napas sekitar 10 detik.


9. Pergi ke luar meski cuaca dingin
Menghirup udara segar di luar rumah juga bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit menular seperti flu. Sebab, kebanyakan orang memilih berdiam diri di rumah ketika musim hujan atau dingin padahal di dalam, pertukaran udara lebih banyak terjadi antar setiap orang. Jangan lupa buka jendela anda atau jalan-jalan ke luar agar sirkulasi udara bisa lebih baik.

Dilansir dari Medicaldaily.com


Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag