Rabu, 18 Mei 2016

Dokter Seperti Apakah Tuhan Yesus?



"Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya, "Melihatlah sekarang, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Seketika itu juga ia dapat melihat, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Melihat hal itu seluruh rakyat memuji-muji Allah. - Lukas 18:41-43


"Dr. Yesus", terdengar sedikit janggal, bukan? Tapi haruskah demikian? PB memuat lebih dari 75 acuan mengenai pelayanan dan penyembuhan yang dilakukan oleh Kristus. Selama berabad-abad, salah satu sebutan yang turun-temurun digunakan pengikut-Nya untuk mengacu pada Kristus adalah Tabib Agung. Sebutan ini sama ortodoksnya dengan Gembala yang Baik atau Raja di atas segala raja. Bahkan, gambaran Tuhan Yesus adalah Tabib Agung dapat lebih mengandung ajaran bagi kita hari ini.

Kenyataannya, berapa dari kita yang mengenal secara pribadi cara hidup dan pekerjaan seorang gembala domba? Berbeda dengan masyarakat pada zaman Tuhan Yesus dan berabad-abad berikutnya, kita tidak memiliki pengalaman praktis dengan domba dan bagaimana memeliharanya setiap hari. Sebenarnya, sedikit juga dari kita yang memiliki pengalaman dengan keluarga raja secara langsung. Bahkan raja di zaman kita lebih langka daripada gembala domba. Sebaliknya, pada masa kini ada lebih banyak dokter dibanding masa kapan pun dalam sejarah manusia.

"Dr. Yesus Kristus". Tetap sulit membayangkan nama tersebut dipasang di depan gedung klinik modern, seperti juga sulit membayangkan tanda pengenalan bertuliskan "dr. Yesus". Mencoba membayangkan Dia dengan latar pelayanan kesehatan masa kini memunculkan berbagai gambaran dan pertanyaan yang menarik. Misalnya, seperti apa keahlian khusus-Nya? Mungkin sebutan untuk Dia tidak hanya Tabib Agung, tapi Tabib Paling Agung, sanggup memutarbalikan kematian.


Baca : Lukas 18:35-43 ; 2 Petrus 1:3-11



Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag