Selasa, 31 Januari 2017

Sehat

Aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. ---3 Yohanes 1:2



Ada pengurangan makna yang sukar dimengerti dalam berbagai definisi sehat menurut ilmu kesehatan masa kini. Sehat, seperti yang sering kita dengar berarti keadaan fisik, mental, dan sosial yang utuh dan terbaik, bukan hanya sekedar bebas dari penyakit atau keadaan sakit. Definisi ini, walaupun kelihatannya baik, tidak menyebutkan keadaan jiwa. Padahal kata yang jarang muncul dalam kamus-kamus kedokteran ini menjabarkan bagian rohani dari suatu pribadi, yang berbeda dengan tubuh dan pikiran. Jiwa mengendalikan motivasi untuk hidup dan bekerja, dan mencetuskan sukacita serta pengharapan, yang sebetulnya bagian dari kepribadian yang sehat. Definisi di atas juga tidak mencakup pemikiran tentang vitalitas yang berkobar-kobar, tenaga yang digunakan dan dihabiskan sebelum seseorang meninggal dunia.

Dalam Alkitab, sehat berarti tubuh, pikiran dan jiwa dalam keadaan baik. Saat Tuhan Yesus menyembuhkan, sering terjadi penyembuhan rohani selain penyembuhan jasmani. Kita melihat pendekatan yang sama dalam surat Yohanes kepada temannya yang terkasih, Gayus, seperti yang dikutip diatas. Sekali lagi, di dalam Alkitab nampak jelas Tuhan menginginkan pelayanan yang berkobar-kobar dan sepenuh hati. Pantang mundur. Bacalah lagi kisah Amazia. Ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan, tapi tidak secara sepenuh hati (2 Tawarikh 25:2).

Seseorang bisa saja menyia-nyiakan kesehatan dengan tidak merawat tubuhnya atau dengan memperlakukannya sembarangan. Kebalikannya, Paulus bergumul dengan segala kekuatan yang Kristus berikan kepadanya, demi jemaatnya yang baru (Kolose 1:29). Ketika Tuhan Yesus menyembuhkan, Ia memulihkan tubuh, pikiran dan jiwa. Ia membuka pintu bagi mereka yang telah disembuhkan kepada suatu dunia baru yang penuh damai, kepuasan dan sukacita, yang didapat saat mereka mengikut teladan-Nya, yaitu yang berkobar-kobar dalam melayani orang lain. Pelayanan-Nya berakhir pada kematian-Nya di kayu salib. Seberapa sehatkah jiwa Anda hari ini? Seberapa menyala-nyalakah pelayanan Anda kepada Tuhan?



Baca: 2 Tawarikh 25:1-10, 14-16; Kolose 1:28; 2:5.

Oleh: J Harold Jones
Disadur dari Sumber Hidup Praktisi Medis

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag