Kamis, 20 Juli 2017

Pekerjaanku, Tuhanku?

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. ---Keluaran 20:3


Tidak pernah kubayangkan bahwa aku akan tidak taat pada perintah "Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku." Aku sudah Kristen selama bertahun-tahun dan senang terlibat di kegiatan gereja maupun keluarga Kristen. Tentu saja tidak ada allah lain yang mendapat tempat di dalam hidupku. Tapi apa sebenarnya definisi allah itu? Sesuatu yang bisa dianggap allah adalah makhluk-makhluk gaib yang menjadi kekuatan utama untuk menggerakkan kehidupan seseorang, sumber-sumber kenyamanan-kekuatan-upah, dan yang berkuasa menghakimi dan mengatur. Jadi, bagaimana dengan pekerjaanku? Memang pekerjaanku tidak termasuk kekuatan gaib! Selain itu, ada banyak hal yang memenuhi kriteria yang disebutkan diatas, dan sejujurnya hal-hal itu menyita sebagian besar kehidupanku.

Harus diakui, ada banyak hal yang baik di dalam pekerjaanku. Pekerjaan ini terhormat; menuntut dan mempertahankan standar moral yang tinggi, biasanya; bertujuan menolong dan menyembuhkan orang per orang maupun kelompok; berjuang dengan masalah-masalah yang muncul dari sifat manusia; di dalam pekerjaan ini terdapat hikmat yang sangat besar. Banyak orang Kristen memberikan sumbangan melalui profesi ini. Lalu apa masalahku?

Pada dasarnya, aku merasa, itu tergantung prioritasnya. Segalanya berjalan baik jika aku lebih mendahulukan kesetiaanku kepada Tuhan daripada kesetiaanku kepada pekerjaanku, jika Tuhan tetap mengontrol di dalam kehidupan profesionalku. Namun jika kehidupan profesionalku justru yang mengontrolku dan aku memujanya melebihi Tuhan, maka aku telah melanggar perintah Tuhan itu. Aku yakin, banyak orang dalam berbagai macam profesi menghadapi masalah ini. Mari kita waspada!  Kita harus terus menguji kesetiaan kita kepada Tuhan dalam doa, dengan membaca Alkitab dan memelihara persekutuan dengan orang Kristen lainnya. Berjaga-jagalah, jangan sampai Anda mengabaikan peringatan ini sehingga Anda membiarkan pekerjaan menjadi tuhan Anda.

Baca: Efesus 4:1-16



Ditulis oleh J Harold Jones dalam Sumber Hidup Praktisi Medis

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag