Rabu, 28 Januari 2009

MENENTUKAN PRIORITAS

Bacaan : Ezra 5 : 1 – 5 ; 7 : 27 – 28; Matius 6 : 25 - 34



Perhatikanlah Keadaanmu ! – Hagai 1 : 5

Setelah kembalinya para pengungsi Israel dari Babel, Ezra dan Hagai bercerita bagaimana akhirnya mereka mulai membangun kembali rumah Tuhan. Lalu mereka diserang oleh bangsa kafir di sekitar mereka, dan menghentikan pekerjaan mereka ( Ezr 4 : 24 ) . Apakah kita juga putus asa takala menghadapi perlawanan ? Orang Israel memberi alasan waktunya belum tiba untuk membangun kembali rumah Tuhan ( Hag 1 : 2 ). Namun, Firman Tuhan datang kepada mereka melalui Hagai : “ Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang Rumah ini tetap menjadi reruntuhan ? … Perhatikan keadaanmu !” Selanjutnya IA menunjukkan bahwa mereka masih kekurangan makanan dan minuman, pakaian dan uang tunai – semuanya akibat langsung dari ketidak setiaan mereka ( Hag 1 : 3 – 5 , 9 )

Apakah Tuhan menyalahkan orang karena tinggal di rumah yang dibangun dan diperlengkapi dengan baik ? Aku kira tidak. Ia mengatakan “ Jika kalian mampu tinggal di rumah seperti itu, kalian juga mampu membangun rumahKu” . Dalam arti yang paling luas, rumah Tuhan sekarang adalah gerejaNya. Kita harus memprioritaskan dukungan bagi pekerjaan misi dan penginjilan, yang menyebarkan Injil dan membantu orang miskin.

Bagaimanakah aku memakai waktu , pendidikan dan ketrampilan, dan uangku ? Apakah ada keseimbangan antara apa yang kupakai untuk diri sendiri atau untuk rumah Tuhan ? Apakah aku menghabiskan waktuku untuk mencari uang dan mengabaikan keluargaku, atau tidak jadi menikmati persekutuan dengan orang Kristen lainnya di gereja setempat ? Ketika orang Israel menaati suara Tuhan Allah mereka, RohNya tetap menyertai mereka dan mereka diberkati ( Hag 2 : 5 ) . Semoga kita juga mengalami hal yang sama ketika kita menentukan prioritas kita.

Ernst A Jacobsen - Denmark

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag