Minggu, 27 November 2011

BEBAS DARI RASA TAKUT

Langkah-langkah Kecil

Kata Yesus: “Datanglah! Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.” (Matius 14:29)


Iman yang sederhana adalah penangkal rasa takut yang menekan, yang membuat kita tidak maju dan berkembang, dan yang membuat kita tidak berdaya.


Tidak ada sesuatu pun yang dapat merampas sukacita, kepercayaan diri, optimism, dan kesempatan-kesempatan lebih cepat dari pada roh ketakutan.

Ilmuwan-ilmuwan yang mempelajari tentang tingkah laku telah lama berdebat mengenai apakah emosi pertama yang dialami oleh seorang bayi adalah kasih atau rasa takut. Karena “reflex kaget”, banyak peneliti yang memercayai emosi pertama yang dialami seorang bayi adalah rasa takut.

Ketika dihadapkan pada bahaya, dua respons dasar yang tampaknya “tertanam” dalam jiwa manusia adalah bertarung atau berlalu begitu saja. Jadi, apakah Anda seorang yang bertarung atau seorang yang berlalu begitu saja?

Ada banyak sumber penyebab rasa takut. Beberapa diantaranya tidak beralasan (bagi orang lain, namun orang tersebut mengalaminya) dan dianggap sebagai fobia yang tidak sehat. Namun, apa pun penyebabnya, baik itu masalah rasa ketidaktahuan, masa depan, penyakit jasmani, peperangan rohani, krisis financial, atau permasalahan reputasi, rasa takut itu nyata dan harus dihadapi dengan jujur.

Salah satu janji Allah yang terbesar adalah kita tidak perlu menghadapi rasa takut itu seorang diri. DIA senantiasa bersama dengan kita; DIA tidak pernah meninggalkan kita (Ibrani 13:5). Sesungguhnya, ketika kita benar-benar mengalami kasih-Nya maka rasa takut itu lenyap (1 Yohanes 4:18). Mengapa demikian? Karena kasih adalah sesuatu yang dibutuhkan agar sebuah kepercayaan dapat tumbuh dengan subur. Jadi, ingatlah jika Anda merasa takut akan:

masa lalu, Allah menjanjikan segala sesuatunya baru di dalam Kristus (2 Korintus 5:17);

masa depan, Allah telah berjanji kepada Anda untuk memberikan harapan dan masa depan (Yeremia 29:11);

musuh-musuh, Allah akan melindungi dan menjagai Anda (Ulanagan 31:6);

permasalahan financial, Allah menyediakan segala yang Anda butuhkan (Filipi 4:19);

kematian dan sekarat, Allah telah mengalahkan kuasa maut dan menjanjikan kehidupan yang kekal (Roma 8:1-2)

Apakah Anda siap berjalan dengan berani dengan keyakinan yang baru hari ini? Ambillah beberapa langkah menuju kepada Allah, meski itu adalah langka-langka kecil seperti langkah-langkah balita, dan perkenankanlah DIA mengatasi kegelisahan-kegelisahan yang mengganggu Anda.



Sumber: “Soul Matters for Women”




Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag