Senin, 07 September 2015

Afasia Musa

Lalu kata Musa kepada Tuhan : "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara". -Keluaran 4:10


Kondisi yang melemahkan yang kita alami dari waktu ke waktu, yaitu afasia Musa. Inilah jawaban ketika Allah memerintahka padanya : "Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa bangsa-Ku orang Israel keluar dari Mesir". Musa jelas sangat takut pada Firaun. Dia mencoba taktik penundaan dengan bertanya, bertanya lagi. Tetapi Allah memiliki semua jawabannya. Musa berkata kepada Allah : "Ah Tuhan, saya tidak pernah fasih dalam berbicara, tidak dulu, tidak juga sejak Engkau berbicara kepada pelayan-Mu. Saya lambat dalam berkata-kata".


Datanglah jawaban Tuhan, Musa mengharap alasan afisianya (kita sebut saja demikian) dapat diterima, dan dia telah mengatakan sesuatu yang paling tepat. Namun dia telah membuat kesalahan yang besar. Tuhan berkata kepadanya : "Siapa yang telah memberikan mulut pada manusia? Siapa yang telah membuatnya tuli dan bisa? Siapa yang telah memberinya penglihatan atau membuatnya buta? Bukankah Aku Tuhanmu? Sekarang Aku akan menolongmu berbicara kepadanya dan menaruh kata-katamu di mulutnya; Aku akan menolongmu berdua berbicara dan mengajarmu apa yang harus kau perbuat".

Pertahanan Musa runtuh, afasianya tersapu. Ketakutannya akan Firaun hilang dalam kepercayaan diri yang baru, dalam Allah, yang jelas jauh lebih besar dari Firaun. Musa keluar untuk menjadi pemimpin yang terbesar dalam sejarah. Jika kita tiba-tiba terserang afasia Musa dalam situasi penuh tantangan, ada baiknya mengingat apa yang dikatakan Yesus pada murid-muridNya, ketika mereka berhadapan dengan masa depan yang mengecilkan hati (Lukas 12:12); "Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus Kau katakan.

Allah yang kudus, ajarilah dan sentuhlah hati saya, lancarkan lidah saya, sehingga saya dapat berbicara tentang kebenaran dengan setia dan penuh kasih.

Bacaan selanjutnya :
Keluaran 3 dan 4

Dikutip dari :
Diagnose Firman

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag