Senin, 05 Oktober 2015

Hidup dalam Iman


Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seseorang mengatakan, bahwa mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah  iman itu menyelamatkan dia? Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata : "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya? Yakobus 2:14-16


Kita mengkomunikasikan iman kita dengan perkataan dan tindakan.  Walau bekerja di rumah sakit adalah kesempatan untuk bersaksi secara lisan, paling banyak kita menunjukkan kekristenan kita dengan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita melakukannya.
Saya pernah bertanya pada seorang perawat jaga yang berpengalaman, apa pendapatnya tentang syarat-syarat seorang perawat yang baik? Dia memberikan pendapatnya dengan menyebut nama tiga perawat sebagai contoh apa yang dimaksudkannya dan ketiganya orang Kristen.

Seorang Hindu sejati yang telah menjadi Kristen, memberi kesaksian, bagaimana dia tertarik menjadi Kristen. Terjadinya saat dia menjadi pasien di rumah sakit misi di India Utara. Dia tidak dipengaruhi oleh khotbah maupun traktat, tapi hanya karena dia melihat "Yesus" berjalan di antara bangsa-bangsa. Yesus berkata, "Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga." (Mat 5:16)

Sumber semangat yang besar saya peroleh selama sekian tahun bekerja karena melihat cahaya yang bersinar dalam hidup para dokter Kristen, perawat, pekerja dan pembantu Kristen di bangsal rumah sakit dimana saya bekerja." Jika iman itu tidak disertai dengan perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati." (Yak 2:17)

Kiranya pikiran Kristus Penebusku,
hidup di dalamku dari hari ke hari,
dengan kasih dan kekuatanNya mengatur,
apa yang kukatakan dan kuperbuat.

Kiranya damai dari Allah Bapa,
mengatur hidupku dalam segala sesuatu,
sehingga aku dapat dengan tenang,
menghibur yang sakit dan yang susah.

Bacaan selanjutnya : Lukas 10:27-37

Dikutip dari : Diagnose Firman.

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag