Senin, 05 Oktober 2015

Terang


Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya :"Akulah terang dunia, barang siapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."Yohanes 8:12


Saya dapat menjamin, bahwa ada saatnya anda akan membutuhkan lampu yang baik. Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada senyum gembira pada pasien, memintanya membuka mulut lebar-lebar dan berkata 'ahhh' padahal ternyata lampu senter dari kantong anda tidak bekerja. Tenggorokannya mungkin meradang mungkin juga tidak, di balian belakang lidahnya mungkin terdapat kanker mungkin juga tidak, tetapi kalau anda tidak dapat melihatnya anda tidak akan tahu.

Cahaya memperlihatkan keadaan sebenarnya. Inilah yang dimaksud Tuhan, ketika Dia menggambarkan diri-Nya sebagai Terang. Pada permulaan Injil Yohanes (Yoh 1:5) kita membaca :"Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Tentu saja kegelapan tidak pernah dan tidak akan dapat menguasai terang. Penting sekali kita ingat kenyataan ini. Sama seperti bengkak karena peradangan dan anak lidah yang mempunyai kelainan, akan tampak jelas begitu lampu senter anda bekerja, begitu juga Roh Kudus akan menggerakkan hidup anda dengan mengingatkan akan hal-hal yang harus atau tidak boleh dikerjakan. Ingatlah, di dalam Kristus, diagnose dan penyembuhan saling berkaitan erat. Di saat anda teringat akan kesalahan anda akuilah di hadapan-Nya, minta pengampunan-Nya. Agar hidup beres, kita harus tanggap terhadap terang-Nya. Inilah yang dimaksud dengan 'berjalan dalam terang'.

Ada lagi arti penting kedua, Yesus ingin memakai anda hari ini, sebagai terang-Nya (Mat 5:14-16). Berbeda dengan anda, ada banyak orang yang memilih kegelapan akan anda jumpai (Yoh 3:19) (sekalipun mereka tidak menganggapnya demikian). Mereka lebih suka untuk tidak mengetahui kebenaran yang sesungguhnya tidak enak ini. Pastikanlah bahwa materai dan bola lampu anda bekerja dengan baik dan bersiaplah. Tunjukkan pada siapa saja lewat cara anda memperlakukan mereka, bahwa Yesus mengasihi mereka. Jika mereka bertanya mengapa anda seperti itu, beritahukan.

Terima kasih, Tuhan Yesus, bahwa Engkau adalah Terang. Tolong saya untuk berada di jalan yang benar hari ini, sinarilah bagian-bagian gelap di hati saya dan tolong saya menunjukkan terang-Mu pada orang lain.

Bacaan selanjutnya :
I Yohanes 1:1-10; II Korintus 4:1-6

Dikutip dari Diagnose Firman

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag