Senin, 15 Februari 2016

Musim Gugur dan Musim Dingin Kehidupan

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya- Pengkhotbah 3:1


Pengertian musim dalam satu tahun mencerminkan perubahan musim di dalam hati dan pikiran kita, musim-musim batiniah kita. Musim semi menyediakan inspirasi dan musim panas memberikan pengaruh. Musim gugur kehidupan adalah masa-masa integritas hidup kita diuji. Warna merah cerha dan merah coklat pada musim gugur menyatakan musim batiniah yang menguji kehidupan kita. Akan kita tetap percaya saat kita tidak bisa mengenali pimpinan Tuhan dalam kesusahan-kesusahan hidup? Akan kita tetap bertahan di dalam ujian?


Musim gugur alam datang, dengan cara berbeda-beda, di seluruh dunia, tahun demi tahun. Begitu juga masa pengujian datang kepada kita berulang kali. Terkadang saat kita menghadapi "musim gugur kehidupan" kelihatannya baik "musim inspirasi" maupun "musim pengaruh" tak mungkin datang lagi. Musim gugur adalah masa-masa ketika kita harus memutuskan untuk tetap teguh dengan iman kita, masa untuk merenung, masa kita harus mencari Tuhan dan kekuatan-Nya bagi integritas kita.

Musim dingin kehidupan datang membawa dua hal : rasa tidak aman sekaligus rasa aman, sama seperti hitam dan putih pada musim dingin alam. Ada badai-badai kehidupan, pengalaman-pengalaman kering yang membuat kita merasa kecil hati dan tidak aman. Keadaan seperti itu bisa merupakan musim dingin kehidupan ketika kita menyadari, "dunia ini bukan rumah kita, kita hanyalah musafir". Aku percaya Tuhan membawa perasaan-perasaan tidak aman musim dingin iu ke dalam hidup kita agar kita tidak terlalu mencintai dunia ini-sehingga bisa mencintai Dia lebih lagi.

Ya, ada juga masa-masa aman musim dingin, pagi yang indah, sepi dan tenang. Masa-masa seperti ini di dalam hidup kita membuat kita mengerti bahwa Allah adalah satu-satunya sumber keamanan, satu-satunya sumber kedamaian, ketenangan dan keheningan yang akan terus ada selamanya.

Baca : Pengkhotbah 3:5-6; Mazmur 131

Dikutip dari :
Sumber Hidup Praktisi Medis

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag