Selasa, 12 Juli 2016

Berhala Kesia-siaan

Mereka yang berpegang teguh pada berhala kesia-siaan, merekalah yang meninggalkan Dia, yang mengasihi mereka dengan setia. - Yunus 2:8


Sewaktu Anda membaca renungan hari ini apa yang Anda hadapi? Mungkin banyak kamar pasien yang harus dikunjungi atau tugas jaga malam penuh kesibukan, di tengah menggunungnya tugas laporan tertulis yang diwajibkan kantor dan tanggung jawab baru di rumah? Pikiran Anda mungkin penuh rasa khawatir, nama-nama orang untuk dikunjungi dan hal-hal yang perlu dilakukan. Tapi kapankah Anda pernah bertanya dalam hati, "Apa sebenarnya tujuanku hari ini, minggu ini atau tahun ini?" Terlalu sering, sebagai dokter dan praktisi medis, kita cenderung melihat aktivitas yang tidak ada akhirnya sebagai bukti standar moral yang tinggi, dan merasa bangga karena banyaknya hasil yang dicapai dalam waktu singkat. Tapi Yunus menyadari dari dalam perut ikan besar : "Mereka yang berpegang teguh pada berhala kesia-siaan, merekalah yang meninggalkan Dia, yang mengasihi mereka dengan setia." Mereka kehilangan anugerah yang seharusnya menjadi milik mereka.

Keselamatan datang dari Tuhan saja. Ketika kita lupa hal ini, kita tanpa disadari menyimpang dari jalan yang benar. Moto para profesional walaupun tidak disebut, "Aku bertindak, maka aku ada" mesti dibalik "aku ada (di dalam Kristus), maka aku bertindak (melakukan apa yang dikehendaki-Nya)." Yunus harus sampai ke titik di mana jiwanya "letih lesu", baru dia ingat Tuhan dan keselamatan-Nya, lalu dapat taat kepada-Nya (Yunus 2:7). Jika ambisi kita terarah kepada yang lain, kita tidak dapat atau tidak ingin melakukan kehendak Tuhan. 

Singkirkan segala kekhawatiran, hanya ada dua pertanyaan penting yang perlu dipikirkan setiap hari: 1. Bagaimana aku dapat bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus? 2. Dimana aku dapat paling efektif melayani Dia?

"Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia daripada semuanya" (Filipi 3:8)



Baca: Yunus 2-2:10

Disadur dari: Sumber Hidup Praktisi Medis 2002.

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter/IG : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag